Jumat, 25 November 2016

Pengertian Surat Pernyataan dan Contohnya Lengkap

Contoh Surat Pernyataan - Saya akan membahas mengenai pengertian surat pernyataan secara lengkap dan saya juga akan memberikan kepada anda sebuah contoh surat pernyataan yang siap diedit dalam bentuk dokument yang nantinya bisa anda dowanload.

Pengertian Surat Pernyataan


Yang dimaksud surat pernyataan adalah surat yang dibuat oleh seseorang yang berisi pernyataan dirinya atau menerangkan orang lain bahwa orang tersebut pernah atau tidak pernah melakukan sesuatu.


Ada juga pengertian lain, 


yaitu surat pernyataan adalah: pernyataan tertulis yang mengemukakan kesediaan / kesanggupan seseorang atau kelompok untuk menanggung segala risiko yang berkaitan dengannnya. Surat pernyataan yang menyangkut aspek hukum harus di tulis di atas kertas segel atau kertas biasa yang di bubuhi materai.

Dengan hal itu juga terkandung pengertian bahwa surat pernyataan yang menyangkut aspek hukum hanya di buat oleh seseorang yang telah dewasa

Dalam kehidupan sehari-hari surat pernyataan sering dibuat oleh seseorang untuk melengkapi surat lamaran pekerjaan atau untuk keperluannya setelah dia pendidikan atau bekerja dalam suatu instansi tertentu.

Dalam urusan dinas, seseorang pimpinan sering juga membuat surat pernyataan yang isinya menerangkan tentang anak buah atau bawahannya. Surat pernyataan dinas mempunyai bentuk, fungsi, dan penyusunan yang relative sama dengan surat keterangan.

Tidak jarang juga sebuah lembaga yang hendak menyeleksi pegawai baru meminta untuk membuat surat pernyataan. Dalam hal seperti ini sebaiknya lembaga tersebut mempersiapkan blangko surat untuk diisi oleh para peserta sebagai suatu persyaratan.

Pembuatan surat pernyataan dalam bentuk blangko memudahkan penelitian isi surat yang masuk karena semua bentuknya sudah lama.

Itulah tadi diatas penjelasan singkat mengenai apa itu surat pernyataan, sejauh ini anda sudah paham kan ?

Jika sudah paham mari simak contoh surat pernyataan dibawah ini

Contoh Surat Pernyataan PNS


SURAT PERNYATAAN

Yang bertandatangan di bawah ini ,

Nama                                  :
Tempat dan tanggal lahir    :
Agama                                :
Alamat                                :

Dengan ini menyatakan :

1.    Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan
2.  Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil/Anggota Tentara Nasional Indonesia/Anggota Kepolisian Negara, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta;
3. Tidak berkedudukan sebagai Calon/Pegawai Negeri Sipil dan Calon/Anggota Tentara Nasional Indonesia atau Calon/Anggota Kepolisian Negara;
4.     Tidak menjadi anggota dan atau pengurus partai politik;
5.     Bersedia ditempatkan di wilayah tempat mendaftar;
6.  Sanggup mengganti biaya pelaksanaan penerimaan sebesar Rp. 25.000.000,- (dua puluh lima juta) rupiah, apabila :

a.Dinyatakan lulus ujian tahap akhir dan telah mendaftar ulang tetapi mengundurkan diri dengan alasan apapun, atau
b.Mengundurkan diri setelah bekerja di BPS, dengan masa kerja kurang dari 5 (lima) tahun.

Demikian pernyataan ini saya buat dengan sesungguhnya, dan saya bersedia dituntut di muka pengadilan serta bersedia menerima segala tindakan yang diambil oleh pemerintah, apabila dikemudian hari terbukti pernyataaan ini tidak benar.

Pangkalpinang, 21 November 2015
Yang membuat pernyataan,


MATERAI
Rp. 6.000,-

Saya rasa cukup sekian dulu dari saya, semoga artikel yang saya bagikan ini bisa bermanfaat bagi anda yang membutuhkan dan silahkan share bagi anda yang ingin.

Sekali lagi saya ucapkan terimakasih karena telah membaca artikel saya tentang contoh surat pernyataan.

(Nama Lengkap)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar